Pertemuan - Shutterstock
Insomnia

Tidak Hanya Berhenti di Kamu

Pertemuan adalah hal yang dinantikan oleh semua orang.

Perpisahan yang terlalu lama menimbulkan kerinduan. Kerinduan lama kelamaan akan terus menumbuhkan rasa untuk berjuang. Berjuang menemukan dan mengakhiri penantian.

Tidak banyak orang yang mau untuk berjuang, karena ada biaya yang harus dibayar. Terkadang biaya itu tak sepadan dengan apa yang diinginkan. Padahal itu semua seharusnya tidak memakai rumus hitung-hitungan.

Ada peribahasa mengatakan bahwa “Jer basuki mawa beya” yang biasa dihubungkan dengan sikap untuk berkorban. Manusia perlu mengeluarkan biaya atau ongkos untuk menemukan apa yang diingin-inginkan. Tidak hanya sebatas benda, bisa jadi laku, tirakat, dan lain sebagainya.

Berjuang di dalam kerinduan untuk sebuah pertemuan tidak hanya membaca dirinya sekali, bisa berkali-kali bahkan sampai dengan ribuan kali. Bisa jadi pertemuan yang diidam idamkan tidak pernah terjadi. Mungkin itulah yang disebut kesetiaan murni.

Pertemuan sering kali menimbulkan kebahagiaan yang tak bisa dimengerti. Terasa begitu lega seperti orang membuka hati. Menentramkan dan membahagiakan. Meskipun di dalam perasaan itu tersimpan kesedihan yang setiap saat ingin muncul di atas keindahan.

Pada akhirnya bertemu denganmu bukanlah akhir dari sebuah tujuan. Semua masih harus berjalan sesuai dengan aturan kehidupan. Selayaknya, alam yang terus tumbuh dan berkembang.

Tujuan pertemuan hanya satu.

Tidak ada aku dan kamu, yang ada hanyalah kita.

Makhluk biasa-biasa saja yang masih belajar menjadi manusia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.