Kesadaran Manusia - Gubuk Desa - Karsanusantara
Insomnia

Kesadaran Manusia

Terkadang kita sering menyesali sesuatu yang sudah terjadi. Berfikir kebodohan yang sudah dilakukan. Seperti hal itu tidak semestinya kita lakukan.

Saat melakukan memang tidak ada perasaan yang muncul ketika setelah melaukan. Baru setelah beberapa saat perasaan menyesal itu muncul yang membuat tindakan yang sudah terjadi tadi terlihat ‘buruk.

Entah berfikiran kenapa kita sombong sekali dengan apa yang sudah diucapkan, tidak masuk akal, terlihat bodoh, dan lain sebagainya. Itu terjadi beberapa saat setelah kejadian itu muncul. Pikiran baru menampilkan semua sisi dari kejadian yang sudah terjadi tadi.

Mungkin sebagian orang mampu menyadari segala tindakan yang dilakukannya setiap hari, bahkan setiap detik. Terkadang ada orang yang tidak menyadarinya sama sekali apa yang dia lakukan. Paling parah adalah ketika tindakan di bawah sadarnya itu merugikan orang lain.

Kesalahan-kesalahan seperti itu sering kita jumpai di kehidupan pribadi. Kesadaran di luar kemampuan kita sendiri. Kesadaran melakukan hal yang tidak seharusnya tidak kita lakukan. Kesadaran untuk membatasi setiap perbuatan maupun perkataan yang terkadang itu diluar batasan yang sudah kita tentukan. Kesadaran itu ada, tetapi sulit untuk disadari dan dikenali. Hingga pada akhirnya kesadaran itu memaksa kita untuk melakukan keinginannya.

Makhluk biasa-biasa saja yang masih belajar menjadi manusia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.