Hampa Tanpa Tanpa

Hampa tidak akan pernah terasa jika tidak kita sadari dan mengerti arti hampa. Hampa tanpa kata lain menjadikannya bukan hampa. Melainkan hampa yang sudah dirasuki oleh makna lainnya. Hampa yang benar – benar hampa adalah Hampa itu sendiri.

Marah tanpa membenci,
Membela tanpa melukai,
Tertawa tanpa ngecengi,
Berkata jujur tanpa menyakiti,
Bekerja tanpa merasa menyaingi,
Mencela tanpa merendahkan diri,
Bertindak tanpa menyinggung hati,
Memimpin tanpa menyombongkan diri,
Memberi tahu tanpa merasa pintar sendiri,
Mencintai tanpa ada yang tersakiti apalagi terdustai..

Sebelumnya, tanpa kita sadari, semua hal yang kita lakukan bertujuan menghindari penderitaan atau untuk menyenangkan orang lain. Kita terlalu sibuk melakukan, mengejar, mencari, dan mencapai berbagai hal. Sementara diri kita sendiri adalah orang lain yang kita pertimbangkan. Hidup kita dikendalikan oleh rasa takut. Takut mengecewakan orang lain, takut gagal, takut dianggap egois, takut tidak cukup menjadi bagus, dan takut – takut lainnya. Dalam benak kita, kita selalu terkurung.


Gubuk Desa

Gubuk Desa adalah salah satu website dengan domain Karsanusantara yang ingin memfokuskan konten pada kebudayaan. Tidak hanya fokus pada kebudayaan, Gubuk Desa juga membahas mengenai perjalanan kontributor berkeliling di lingkungannya. Kontributor juga menyukai dunia teknologi informasi, maka beberapa konten juga akan membahas mengenai informasi terkait teknologi informasi.

Website Karsanusantara terbuka untuk semua, jadi jika ada yang ingin menjadi kontributor website ini bisa mengirimkan pesan ke admin. Tidak perlu sungkan karena Karsanusantara adalah milik bersama dengan tujuan membangun sesama, paling tidak memayu hayuning diri.

Bagi para pembaca Gubuk Desa atau website Karsanusantara lain bisa ikut berkontribusi dengan memberikan komentar dan masukan. Harapannya kedepan Karsanusantara bisa memberikan informasi yang berbeda dengan yang lain sekaligus memberikan dampak yang menumbuhkan rasa cinta terhadap sesama. Tidak hanya manusia, tetapi juga makluk lain yang ada di dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kembali ke Atas