Masyarakat Kaya, Kuasa, Pandai, Kuat, & Baik

Masyarakat Kaya, Kuasa, Pandai, Kuat, & Baik

Jika dikelompokkan, saat ini yang ingin dicapai manusia ada lima kategori, yaitu kayakuasapandaikuat, dan baik.

Kategori ini tidak jauh berbeda dengan beberapa ratus tahun yang lalu. Saat itu, pada abad ke 8 sampai dengan 12 Islam datang dan mulai berkembang Indonesia –yang saat ini belum bernama Indonesia–, tapi saat itu belum diterima oleh masyarakat. Kenapa? Karena pada masa itu yang membawa adalah kaum pedagang yang berorientasi pada kekayaan materi.

Sebab lain belum diterimanya Islam di tanah ini karena pada waktu itu di tanah air ini sudah mencapai peradaban yang sangat tinggi. Di mana kekayaan (materi) merupakan kategori yang paling rendah. Sedangkan di atasnya ada kekuasaan, kepandaian, kekuatan, dan yang paling tinggi adalah kebaikan. Kebaikan di sini dapat diluaskan kembali menjadi kemulyaankebijaksanaankearifan, dan lain sebagainya.

Sedangkan pada abad 14 Islam datang bersama orang-orang: mulya, masayih, sufi, yang tidak menomor satukan dunia.  Intinya yang mereka bawa adalah kemulyaan. Jadi sebenarnya, pada jaman dahulu, orang baik itu dipilih orang indonesia dibanding orang kaya, kuasa, pandai, dan kuat.

Pada masa ini, terbalik. Orang yang paling dinomor satukan adalah orang kaya dan semua orang ingin menjadi kaya. Orang pandai supaya kaya, orang kuat supaya kaya, orang milih universitas supaya kaya, bahkan sekarang orang baik, tujuannya supaya kaya. Hal ini membuktikan kita sedang mengalami bukan hanya degradasi, pembalikkan moral, pembalikan karakter yang luar biasa.

Jadi, kalau yang kita utamakan bukan kemulyaan dan kebaikan, sebenarnya mana yang yang menjadi tujuan kita? Kemulyaan dan kebaikan itu tujuannya ke Allah, sedangkan kekuasaan dan kekayaan tujuannya dunia. Padahal cita-cita bangsa kita adalah kedamaian, masyarakat madani, dan lain sebagainya. Namun, kita saat ini masih menomor satukan kekuasaan dan kekayaan yang berarti tujuan kita adalah dunia.  Bagaimana mau damai, mau akur, selama tujuan utama kita semua masih dunia?

Temukanlah Indonesia-mu sendiri, Indonesia yang damai, yang penuh kemulyaan, dan kenyamanan batin di dalam dirimu sendiri, keluargamu, dan masyarakat sekitarmu.

Comments Off on Masyarakat Kaya, Kuasa, Pandai, Kuat, & Baik