impian manusia - karsa nusantara
Insomnia

Impian Manusia

Impian manusia yang dulu pernah dituliskan, satu demi satu mulai dilupakan bahkan tidak ingin dimunculkan kembali di dalam ingatan.

Padahal beberapa kali impian itu sebenarnya ampuh untuk menumbuhkan semangat beraktifitas dan memulai hal yang baru lagi di kemudian hari.

Berawal dari perjalanan beberapa bulan ini dan setelah membaca salah satu buku Ratih Sarwiyo. Ada sebuah kutipan yang sedikit menarik yang dapat membuat beberapa persepsi menjadi berubah.
“Yang menangis adalah yang berpunya, yang berpunya adalah yang kehilangan, yang kehilangan adalah mereka yang ingin”.
Terkadang kalimat itu membuat kita untuk memikirkan kembali mengenai keinginan-keinginan yang dulunya pernah diinginkan. Senang jika terlaksana dan sedih jika keinginan itu tidak terpenuhi.

Apakah benar keinginan atau impian manusia itu harus dihilangkan ?

Sedangkan saat ini rasanya jika tanpa keinginan itu memang tenang dan seperti tidak ada beban didalam kehidupan yang seperti mengalir apa adanya, itu membuat kita berfikir, “Apakah benar keinginan atau impian itu harus dihilangkan?” atau apakah seharusnya memang harus membentuk tujuan – tujuan namun dengan syarat. Jika tujuan itu tidak tercapai, harus mencoba untuk merelakannya dan menuju ke tujuan yan lainnya dengan semangat yang sama?.

Sebelumnya, ada pribadi sudah tidak terlalu banyak keinginan. Hanya menjalani apa yang harus dijalani. Bahkan hampir menjalani hal yang monoton secara terus menerus, tanpa impian. Seperti tidak ada peningkatan keinginan sama sekali. Tidak tahu kenapa, dibalik semua hal ini, kita harus percaya Tuhan menuntun setiap pribadi manusia ke jalan menuju impian-impiannya selanjutnya, salah satunya seperti impian manusia pada umumnya yaitu untuk berpendidikan dan berkecukupan.

Namun, ada hal yang mesti diubah daripada hari yang telah dilewati sebelumnya yang hampir tanpa langkah untuk menuju ke tingkat impian itu. Seperti harus memulai kembali menyusun mimpi-mimpi itu menjadi hal yang lahir kembali menjadi semangat untuk menjadikan kehidupan ini seimbang.

Seseorang tidaklah pernah punya impian, tapi keinginan. Impian manusia adalah impian dari yang menciptakan manusia itu sendiri.

Makhluk biasa-biasa saja yang masih belajar menjadi manusia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.